ü
Pengertian Bisnis
Dilihat dari asal katanya
Bisnis berasal dari bahasa Inggris yang berarti : Perusahaan,Urusan atau
Usaha.
Bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang
terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan
keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.Secara garis umum,kegiatan ini
ada dalam masyarakat,dan ada dalam industri. Orang yang berusaha menggunakan
uang dan waktunya denggan menanggung resiko dalam menjalankan kegiatan bisnis
disebut entrepreneur. Untuk Menjalankan kegiatan bisnis maka entrepreneur
harus mengkombinasikan empat macam sumber yaitu :
material,human,financial dan informasi.
ü
Jenis Bisnis
1. Monopsoni
Monopsoni adalah keadaan dimana
satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal
atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas. Kondisi Monopsoni sering
terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga
posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Contohnya : hanya
ada satu perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia yaitu, PT.KAI
2. Monopoli
(dari bahasa
Yunani: monos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar
di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada
pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai
"monopolis".
3. Oligopoli
adalah adalah pasar di
mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya
jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. Dalam pasar
oligopoli, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat
dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari
tindak-tanduk pesaing mereka. Struktur pasar oligopoli umumnya terbentuk pada
industri-industri yang memiliki capital intensive yang tinggi, seperti,
industri semen, industri mobil, dan industri kertas.
4. Oligopsoni,
adalah keadaan dimana dua
atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli
tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
ü
Tujuan Bisnis :
·
profit (keuntungan)
·
growth (pertumbuhan)
·
continuity (berkesinambungan)
·
stability (stabilitas)
·
public service (pelayanan umum)
·
will fare (sejahtera)
ü
Tujuan Kebijakan Bisnis
Ø Melindungi
usaha kecil dan menengah.
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha
kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh
usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna untuk mencegah usaha kecil
tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha.
Ø Melindungi
lingkungan hidup sekitarnya.
Aturan tersebut antara lain adalah tujuannya
untuk tidak merusak atau memberi dampak negative kepada lingkungan hidup
sekitar wilayah tempat usaha tersebut. Dengan adanya kebijakan ini, maka para
pebisnis juga akan meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan
berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.
Ø Melindungi
konsumen.
Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang
mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu
dilindungi. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan
pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan
yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja
sama kembali.
Ø Pendapatan
pemerintah.
Bisnis yang beroperasi memiliki kewajiban untuk
membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa.
Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar
pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh
tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di
tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan
terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi ).
ü
Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar
- Sistem
perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu
negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada
individu maupun organisasi di negara tersebut.
- Perekonomian
pasar bergantung pada kapitalisme
dan liberalisme
untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas
menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu).
Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku
ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
- Perekonomian
pasar campuran atau
mixed market economies adalah gabungan antara sistem perekonomian
pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu negara pun di dunia
ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana,
bahkan negara seperti Amerika
Serikat.
ü
Kesempatan Bisnis/Usaha
Dalam dunia
bisnis, setiap peliang dan kesempatan yang bisa di manfaatkan dengan baik akan
menghasilkan sebuah keuntungan. Tidak hanya dari segi financial namun juga dari
konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis dengan cara : Penuhi
kebutuhan konsumen , Jual Keunikan, Jual keterampilan, Jual Barang Second,
Jalankan DS/MLM dll.
ü
Unsur-unsur Penting dalam Aktivasi Ekonomi
·
Keinginan Manusia
Keinginan Manusia merupakan unsur terpenting
dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka
dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut.
- Sumber
Daya
Sumber daya merupakan hal
terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan
kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi.
- Cara-cara
berproduksi ( Tehniques Of Production)
Cara pembuatan barang pada
umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang atau jasa apa
yang harus di produksi, berapa banyak barang atau jasa yang harus diproduksi
dan cara-cara mana yang di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut
sehingga mencapai pembiayaan yang minimal dan hal tersebut adalah termasuk
bidang ekonomi dan merupakan pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh
para ahli ekonomi.
ü
Hakikat
Bisnis
Adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan
jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat
pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling
menguntungkan antar kedua belah pihak.
ü
Daya Tarik Bisnis
Dalam kehidupan sehari-hari
kita perhatikan jutaaan orang melakukan kegiatan bisnis. Mereka ada yang
berhasil mengembangkan usaha dan memperbesar nilai bisnisnya yang makin lama
makin maju tetapi ada juga yang gagal. Bagi mereka yang berhasil,kegiatan
bisnis makin menarik dalam kehidupan mereka.
Sumber :
aisyahfajqodtul.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar