DEFINISI AKUNTANSI
Menurut American accounting association,akuntansi adalah suatu
proses mengidentifikasi,mengukur,dan mengkomunikasikan informasi ekonomi sebagai
dasar pertimbangan dan pengambilan keputusan oleh para pengguna informasi
tersebut.
PENGERTIAN AKUNTANSI
Akuntansi dapat disebut pula proses yang produk akhirnya adalah
informasi,yaitu laporan keuangan.Informasi yang dihasilkan dari proses tersebut
dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bagi para penggunanya.
FUNGSI AKUNTANSI
Akuntansi dapat menyediakan informasi ekonomis dan memiliki arti
penting bagi pihak-pihak pemilik kepentingan terhadap perusahaan sebagia sumber
informasi utama dalam menilai dan mengambil keputusan berkaitan dengan
perusahaan.
PIHAK-PIHAK YANG BERKEPENTINGAN TERHADAP AKUNTANSI
1. PIHAK
INTERNAL
·
Pemilik atau pemegang saham : menggunakan informasi laporan
keuangan untuk memastikan bahwa perusahaan dan kemampuan perusahaan untuk
membayar dividen.
·
Manajer : menggunakan informasi laporan keuangan untuk
memastikan bahwa perusahaan telah mencapai sasaran yang ditetapkan sebelum masa
operasi.
·
Karyawan : menggunakan informasi laporan keuangan untuk memantau
kinerja individu ataupun kelompok divisi serta kontribusi terhadap hasil yang
didapat oleh perusahaan.
2. PIHAK
EKSTERNAL
· Pelanggan :
memanfaatkan laporan keuangan untuk memastikan bahwa suatu perusahaan yang ia
percaya memang memiliki kemampuan permodalan untuk memenuhi barang yang ia
butuhkan.
· Kreditor :
menggunakan laporan keuangan untuk memastikan kesanggupan suatu perusahaan
untuk membayar hutang.selain itu kreditor juga dapat menilai apakah perusahaan
memang pantas untuk diberikan kredit tambahan.
· Pemerintah :
menggunakan informasi laporan keuangan terkait dengan regulasi yang dikeluarkan
oleh pemerintah.
PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI
·
NILAI HISTORIS
Demi keandalan atas
informasi maka nilai aktiva dan kewajiban yang tercatat pada neraca adalah
sebesar nilai perolehannya atau nilai historisnya.
·
PENGAKUAN PENDAPATAN
Pendapatan diakui apabila
kewajiban dari perusahaan dalam memberikan barang/jasa tersebut telah dilakukan
dan pembayaran atas barang/jasa yang telah diberikan oleh perusahaan telah
terealisasikan.
·
PENANDINGAN PENDAPATAN-BEBAN
Untuk setiap pendapatan
yang diperoleh maka terdapat pula beban yang harus dikeluarkan oleh perusahaan
demi memperoleh pendapatan tersebut.
·
PENGUNGKAPAN PENUH
Informasi yang disajikan
harus cukup memadai bagi pembaca laporan keuangan untuk melakukan pengambilan
keputusan.
PENGERTIAN LAPORAN KEUANGAN
Laporan keuangan adalah hasil dari akuntansi yang berupa informasi,yang
berfungsi untuk mengetahui berbagai macam kondisi keuangan perusahaan.
ISI LAPORAN KEUANGAN
Isi laporan keungan terdiri dari :
· Neraca
· Laporan laba rugi
· Laporan perubahan
modal
· Laporan arus kas
BENTUK NERACA
Neraca adalah suatu
daftar yang menggambarkan aktiva (harta kekayaan),kewajiaban,modal yang
dimiliki oleh suatu perusahaan pada suatu saat tertentu.
Neraca dapat disusun
dalam dua bentuk: yaitu bentuk skontro dan bentuk staffel. Bentuk skontro,
artinya menyusun harta pada sisi kiri dan utang pada sisi kanan atau
sebelahmenyebelah. Sedangkan bentuk staffel sering disebut dengan bentuk
laporan, yaitu menempatkan harta pada bagian atas neraca dan utang dengan modal
di bagian bawahnya. Coba Anda bedakan kedua bentuk neraca berikut.
Perbedaan neraca
bentuk staffel dengan skontro adalah bentuk staffel disusun secara vertikal.
Harta pada bagian atas dan utang dengan modal pada bagian bawah. Sedangkan
bentuk skontro, harta (aktiva) pada sisi kiri, utang dan modal pada sisi kanan.
LAPORAN LABA RUGI
Laporan yang
menggambarkan hasil operasi perusahaan dalam suatu periode waktu tertentu.
Unsur-unsur laporan laba rugi :
· Pendapatan usaha
· Pendapatan diluar
usaha
· Beban usaha
· Beban diluar usaha
· Beban lain-lain
BENTUK LAPORAN LABA RUGI
Format atau bentuk laporan laba rugi dapat disajikan dalam 2
bentuk
a. SINGLE STEP
Yaitu bentuk laporan yang disusun dengan menggabungkan semua
penghasilan menjadi suatu kelompok dan semua biaya dalam satu kelompok lainnya
yang terjadi dalam suatu periode. Sehingga untuk menghitung laba rugi bersih
hannya memerlukan satu langkah yaitu mengurangkan total penghasilan dengan
total biaya. Selisih positif antara kelompok penghasilan dengan biaya disebut
dengan istilah penghasilan bersih atau laba, sedangkan jika selisih tsb
negative disebut dengan rugi.
b. MULTIPLE STEP
Yaitu bentuk laporan yang disusun secara bertahap penghasilan
dan beban disajikan sesuai dengan uturan aktivitas yaitu kegiatan usaha diluar
usaha dan luar biasa
Untuk menyajikan pos luar biasa seperti kebakaran, gempa, dan
sebagainya perusahaan dapat menganut salah satu dari 2 perlakuan berikut ini:
ALL INCLUSIVE
Pencatatan kerugian dari pos luar biasa tsb dapat disajikan
dalam laporan laba rugi, sedangkan dalam laporan laba yang ditahan hanya berisi
net income yang ditransfer dari laporan rugi laba deklarasi (pembayaran
dividend), penyisihan dari laba (appropriation of retained earning)
CURRENT OPERATING PERFORMANCE/NON CLEAN SURPLUS CONCEPT
Pecatatan kerugian dari pos luar biasa tidak boleh disajikan
dalam laporan laba rugi melainkan disajikan dalam laporan laba ditahan atau
laporan perubahan modal maka laporan laba rugi hanya menentukan hasil dari
operasi normal periode tersebut.
TUJUAN LAPORAN KEUANGAN
Tujuan laporan keuangan adalah untuk menyediakan informasi
berkaitan dengan posisi keuangan,kinerja,serta perubahan posisi keuangan suatu
perusahaan,sehingga bermanfaat bagi sebagian besar pembaca laporan keuangan
dalam pengambilan keputusan ekonomi.
Sumber : Arifin,johar dan Busono adi Wicksono, Komputer Akutansi dng
Microsoft excell dan Munawir,, analisa laporan keuangan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar