ü Pengertian Pasar
dan Pemasaran
Pasar adalah tempat
bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan jual beli barang dan jasa.Tetapi ada kemajuan dalam bidang
pengetahuaan dan teknologi maka dapat dilakukan tidak hanya dipasar melainkan dapat terjadi
dijalan,dikantor,dirumah,dan lain Lain.
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu
yang bertujuan untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasadalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
ü Jenis-Jenis Pasar
Dilihat dari segi fisik pasar dapat digolonkan
yaitu
§ Pasar nyata yaitu merupakan pasar yang pembeli dan penjualnya bertemu
di suatu tempat tertentu.
§ Pasar abstrak yaitu pasar yang tidak harus bertemu di suatu
tenpat seperti pasar nyata. Tetapi dapat bertemu ditempat yang sudah di
sepakati
Dilihat dari segi barang yang di jual belikan
§ Pasar barang konsumen yaitu barang yang dapat lang sung di
gunakan memenuhi kebutuhan manusia.
§ Pasar faktor produksi yaitu pasar yang
memperjual belikan barang yang mempermudah untuk kelancaran produksi contohnya pasar
tenaga kerja
Dilihat dari
segi luas kegiatan distribusi
§ Pasar lokal yaitu pasar yang pemasaranya terbatas hanya di
daerah tersebut,maka penjual dan pembeli terbatas pada orang orang
tersebut.contohnya pasar geplak di daerah bantul.
§ Pasar nasional yaitu passer yang pemasarannya meliputi sluruh
dearah dalam suatu Negara.
§ Pasar internasional yaitu pasar yang jangkauanya melebihi satu
negara
Dilihat dari segi waktu kejadian
§ Pasar harian yaitu pasar yang terjadi tiap hari
§ Paar mingguan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih seminggu
satu kali
§ Pasar bulanan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih sebulan satu
kali
§ Pasar tahunan yaitu pasar yang terjadi kurang lebih setahun
sekali
ü
Konsep-konsep inti pemasaran
Konsep-konsep inti pemasaran
meluput i: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai dan
kepuasan. pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar. Kita
dapat membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan adalah
suatu keadaan dirasakannya ketiadaan kepuasan dasar tertentu. Keinginan adalah
kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang
lebih mendalam. Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik
yang didukung dengan kemampuan dan kesediaan untuk membelinya
ü Manajemen Pemasaran
Manajemen Pemasaran adalah salah satu
kegiatan-kegiatan pokok yang dilakukan oleh perusahaan untuk mempertahankan
kelangsungan perusahaannya, untuk berkembang, dan untuk mendapatkan laba. Prosespemasaran itu dimulai jauh
sejak sebelum barang-barang diproduksi, dan tidak berakhir dengan penjualan. Kegiatan pemasaran perusahaan harus juga memberikan
kepuasan kepada konsumen jika menginginkan
usahanya berjalan terus, atau konsumen mempunyai pandangan yang lebih baik
terhadap perusahaan. Perusahaan yang sudah mulai mengenal bahwa
pemasaran merupakan faktor penting untuk mencapai sukses usahanya, akan
mengetahui adanya cara dan falsafah baru yang terlibat di dalamnya.
ü Bauran Pemasaran
Bauran
pemasaran adalah empat komponen dalam pemasaran yang terdiri dari 4P yakni
Karena
pemasaran bukanlah ilmu pasti seperti keuangan, teori bauran pemasaran
juga terus berkembang. Dalam perkembangannya, dikenal juga istilah 7P dimana 3P
yang selanjutnya adalah People (Orang), Physical Evidence (Bukti Fisik),
Process (Proses). Penulis buku Seth
Godin, misalnya, juga menawarkan teori P baru yaitu Purple Cow.
Pemasaran
lebih dipandang sebagai seni daripada ilmu, maka seorang ahli pemasaran
tergantung pada lebih banyak pada ketrampilan pertimbangan dalam membuat
kebijakan daripada berorientasi pada ilmu tertentu.
ü Tujuan Sistem
Pemasaran
Tujuannya adalah apabila kepuasan konsumen terpenuhi, maka hasil
penjualan produk akan meningkat dan akhirnya tujuan pemasaran dapat tercapai,
yaitu memperoleh laba. Sebaliknya apabila perusahaan melalaikan konsumen dan
hanya berfikir pada satu sudut produsen saja, kemungkinan hasil penjualan produksinya
akan menurun dan akan memperoleh rugi.
ü Pendekatan dalam
mempelajari pemasaran
Tujuan sistem
pemasaran, memaksimumkan Mutu Hidup Termasuk didalamnya kualitas, kuantitas,
ketersediaan, dan harga pokok barang ; mutu lingkungan fisik; dan mutu
lingkungan kultur pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Sebagai
Fungsi Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran, yaitu : pembelian, pengangkutan,
penjualan, penyimpanan, pembelanjaan, penanggungan resiko, standarnisasi dan
grading, pengumpulan informasi pasar Pendekatan Serba Lembaga Dilihat dari
lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran, misal : produsen,
suplier, perantara dagang dsb Pendekatan Serba barang (Pendekatan Organisasi
Industri) Studi tentang bagaimana barang berpindah dari produsen ke konsumen
akhir atau konsumen industri Pendekatan Serba Manajemen Dilihat dari pendapat
manajer serta keputusan yang diambil
Pemasaran
pendekatan dalam mempelajari pemasaran, pendekatan Serba Sistem Menyangkut
elemen-elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba
fungsi, manajemen, produk, dan lembaga.
sabrinadea11.blogspot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar